ADAKAH MANFAAT REUNI ?MyHOMEawards.com – 04/05/2019) Menurut Prof Ganesha, Ahli Jantung RS HarKit ,
Reuni, apapun istilahnya adalah suatu upaya mempertemukan kembali yang dulu pernah bersama, upaya mencari eksistensi diri yang mulai pupus dari memori karena dimakan usia.
Bahkan Richard Paul Evans dalam bukunya “Lost December“ menulis “The sweetness of reunion is the joy of heaven.”
“Reuni”, kata DR. Priguna Sidharta “Selain untuk memutar longterm memori di hipocampus, juga untuk memperbaiki fungsi nucleus accumbens, bagian otak yang mengurus kesenangan”
Memutar kembali memori adalah satu upaya mencegah *alzheimer* yang memang suatu saat kelak akan menghampiri kita semua cepat atau lambat.
Psikolog UI, Bagus Takwin, mengungkapkan pandangannya soal manfaat reuni :
Kenangan reuni merupakan semacam sarana untuk melihat kembali diri kita beberapa tahun ke belakang. Dengan melihat masa lalu, seseorang akan mengerti bahwa kehidupan yang dia jalani selama ini merupakan suatu hal yang sangat penting. “Setiap orang melalui kenangannya pasti akan membuat monumen-monumen dirinya agar dapat selalu mengingat bahwa dia berkembang,”
Melalui sebuah reuni, seseorang juga bisa mendapatkan self esteem. “Saat reuni pasti bertemu dengan teman-teman lama yang tentunya tahu sifat kita yang dulu” Kita juga dapat mengetahui jalan hidup teman-teman lama.
Reuni adalah salah satu jalan menyambung dan memelihara tali persaudaraan/persahabatan/silaturahim yang sangat dianjurkan.
SEMOGA KITA SELALU SEHAT
Tips Etika Reuni Sukses : 
1. Kita hadir dalam reuni sebagai teman yang sederajat, seperti waktu kita masih bersama-sama doeloe.
Peserta reuni harus memiliki jiwa besar, toleran dan mau menahan diri. Bersedia menanggalkan semua atribut dalam dirinya seperti jabatan, status sosial, kekayaan dll.
2. Legowo, bersedia dipanggil dan memanggil nama teman seperti waktu masih bersama-sama (sekolah/kuliah), tidak memakai embel-embel pak, bu, komandan, boss, mas, aden, juragan, dst.
3. Jangan membuat teman lain bad mood, minder, maka sebaiknya Anda tidak ceritakan pekerjaan, keberhasilan bisnis, jabatan, status sosial, kekayaan yang dimiliki, kehebatan anak, istri anda, juga jangan bercerita kegagalan anda dll. pada forum umum (didengarkan banyak orang). Jika ingin berbagi cerita tentang hal ini bicarakan secara langsung/khusus pada siapa anda ingin berbagi cerita.
4. Jangan bergunjing.
Berceritalah yang wajar tentang kenangan masa saat bersama-sama doeloe, seperti cerita-cerita yang saat itu tidak terceritakan.
5. Jangan cemburu, jika cowok/cewek yang doeloe anda incar tampak lebih dekat dan akrab dengan teman yang lainnya, atau jangan cemburu lagi jika terungkap kisah cinta cowok/cewek incaran anda, justru pada teman anda sendiri. Jadikan itu lelucon masa laloe saja jangan baper (bawa perasaan). Semua sudah berlalu, apalagi sekarang kita sudah memiliki keluarga masing-masing dan jangan lupa ajak keluarga reuni untuk saling mengenal dan bertambah teman.
Indikasi Reuni Sukses : 
1. Akan terjalin persahabatan lebih akrab & langgeng.
2. Tidak kapok datang lagi dalam reuni berikutnya.
3. Merasa bangga memiliki teman lama yang masih ramah bersahabat dan merasa dihargai sebagai teman/sahabat.
4. Menumbuhkan kepedulian karena merasa satu alumni.
Semoga bermanfaat
ABL / dari berbagai sumber 04052019